Mutu Pembelajaran Di Indonesia

Perkembangan yang ada?

belajar

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat dapat membentuk masyarakat dunia yang saling ketergantungan. Tatanan dunia mulai mengalami perubahan secara stuktural menuju era globalisasi dalam berbagai bidang kehidupan. Sedangkan di Indonesia dapat dikatakan mutu pembelajaranya masih ketinggalan dengan negara yang maju. Untuk itu budaya mutu pembelajaran dalam pendidikan di Indonesia  tidak dapat diabaikan, karena peningkatan kualitas sumber daya manusia yang siap menghadapi era globalisasi tersebut harus memiliki pendidikan yang bermutu. Upaya peningkatan budaya mutu pembelajaran dalam pendidikan menjadi prioritas utama dari program pendidikan nasional pada saat ini. Peningkatan budaya mutu pembelajaran  pendidikan merupakan tugas berat dan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. Proses peningkatan budaya mutu pendidikan adalah upaya yang kompleks karena menyangkut perencanaan, pendanaan dan pengelolaan proses belajar-mengajar.

Pendidikan merupakan faktor utama dalam pembentukan pribadi manusia. Peningkatan budaya mutu pembelajaran dalam pendidikan akan berhasil jika seluruh komponen pendidikan yang terkait berfungsi dan bersinergi secara optimal. Untuk itu perlu adanya usaha atau strategi agar budaya mutu pembelajaran di Indonesia dapat diubah menjadi lebih baik

Pendidikan merupakan investasi yang sangat penting bagi pembentukan SDM yang berkualitas khususnya di Indonesia. Pertama, pendidikan sebagai investasi SDM yang memberi manfaat terciptanya peradaban. Dengan sifatnya yang multi-fungsi, maka SDM yang berpendidikan tinggi akan menjadi modal utama (rule of capital) bagi pembangunan nasional dan pemberdayaan masyarakat. Lagi pula, pendidikan pada awalnya hadir guna memecahkan problem sosial. Kedua, pendidikan ialah instrumen bagi perkembangan dan pertumbuhan ekonomi. Melalui pendidikan diharapkan masyarakat Indonesia mulai memahami pentingnya hidup sebagai inspirator dalam perkembangan dan pertumbuhan lini bidang ekonomi.

Masalah-masalah pokok yang dihadapi pendidikan di Indonesia yang terpenting adalah mengenai: peningkatan mutu, pemerataan kesempatan pendidikan, dan relevansi pendidikan dengan pembangunan nasional. Demikian luas dan jauhnya jangkauan yang hendak dicapai oleh program pembangunan pendidikan kita, padahal di lain pihak sumber-sumber yang tersedia bertambah terbatas dan langka.

Metode dan strategi pembelajaran di Indonesia masih kurang baik dengan adanya fakta sering ganti kurikulum, pengajaran di kelas masih bertujuan agar siswa menguasai berbagai teori bukannya menemukan teori-teori baru. Oleh karena itu peserta didik belum profesional, masih berkualitas rendah dan belum berpengalaman dalam memberi pembelajaran di kelas. Hal ini dikatakan bahwa masih kurangnya mutu pendidikan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: